Berita

SOSIALISASI PENCEGAHAN DAN PEMBERANTASAN PUNGUTAN LIAR OLEH SATGAS SABER PUNGLI UPP KABUPATEN PEKALONGAN

SOSIALISASI PENCEGAHAN DAN PEMBERANTASAN PUNGUTAN LIAR OLEH SATGAS SABER PUNGLI UPP KABUPATEN PEKALONGAN

                                                                                                                           

KAJEN – Dalam rangka pelaksanaan tugas oleh Organisasi Perangkat Daerah yang memiliki anggaran pendapatan dalam APBD harus dibekali dengan pengetahuan tentang tata cara pemungutan pendapatan yang benar sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan agar para pengelola pendapatan utamanya petugas front office, Bendahara Penerimaan serta Bendahara Pengeluaran tidak terjebak pada praktik pungutan liar yang dapat berdampak pada hukum. Demikian beberapa hal yang disampaikan oleh Drs. Ali Riza, M.Si – Inspektur Kabupaten Pekalongan dalam sambutannya pada acara Sosialisasi Pencegahan dan Pemberantasan Pungutan Liar oleh Satgas Saber Pungli UPP Kabupaten Pekalongan, bertempat di Aula Inspektorat Kabupaten Pekalongan pada tanggal 26 Desember 2019 di hadapan para peserta dari OPD yang menangani pendapatan daerah.

Hadir dalam acara tersebut Kompol Mashudi, SH – Waka Polres Pekalongan selaku Ketua Satgas Saber Pungli UPP Kabupaten Pekalongan yang memberikan pengarahan perlunya upaya pencegahan pungutan liar. Lebih lanjut Mashudi menyampaikan area-area/kegiatan yang menjadi titik rawan berpotensi terjadinya pungutan liar lingkungan OPD yang menangani pendapatan dengan maksud memberikan peringatan dini agar para pengelola pendapatan daerah dapat melaksanakan tugasnya sesuai dengan ketentuan Perda Kabupaten Pekalongan Nomor 8 Tahun 2006 tentang Pokok-pokok Pengelolaan Keuangan Daerah yang antara lain mengatur larangan melakukan pungutan selain yang ditetapkan dengan Perda.

“Selain berdampak pada ekonomi biaya tinggi, praktik pungutan liar dapat berakibat menciptakan masalah sosial dan kesenjangan sosial, menghambat pembangunan, merusak peradaban masyarakat, serta menimbulkan ketidakpercayaan masyarakat kepada Pemerintah”  tegas Mashudi. Oleh karena itu upaya pencegahan pungutan liar melalui sosialisasi akan terus menerus dilakukan kepada pegawai negeri dan penyelenggara negara di lingkungan Pemerintah Kabupaten Pekalongan. Sedangkan pemateri lainnya, Ipda Sudaryono – Plt. Kasat Reskrim Polres Pekalongan menyampaikan agar pegawai di lingkungan Pemerintah Kabupaten Pekalongan dan masyarakat untuk melaporkan kepada Tim Satgas Saber Pungli apabila mengetahui atau mengalami praktik pungutan liar melalui saluran pengaduan yang telah disediakan, untuk dilakukan tindakan.(adm)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close